July 2, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

Demi Bantu Suami, Istri Maju Jadi Lawan Tanding Suami di Pilkades

2 min read
Nomor urut suami-istri yg bersaing di pilkades Wonosari, kabupaten PPU, Kalimantan Timur (foto: antara news).


Beritaagam.com-Penajem Paser Utara, Kasiyono dan Emilia Kartika, pasangan suami-istri yg memperebutkan kursi kepala desa Wonosari periode 2022-2028 (6 tahun), Kabupaten Penajem Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim). Keduanya mengaku siap kalah (atau mungkin mengalah?).

“Saya dan istri sama-sama siap kalah. Makanya kami tidak ada kampanye, tetapi melakukan sosialisasi untuk menyukseskan pilkades serentak pada tanggal 15 Desember mendatang,” ujar Kasiyono (perwakilan suami) dilansir dari Antara, Minggu (21/11/2021).

Pada Pilkadesnya, Kasiyono berada di nomor urut 02, sementara istrinya (Emilia), di nomor urut 01. Kasiyono merupakan pertahana yang menjabat Kepala Desa Wonosari sejak 2016. Sesuai dengan nomor urutnya jika pada pilkades ini, ia menang lagi (2 periode).

Selain siap kalah, Kasiyono juga berencana akan melanjutkan program-program yang sebelumnya belum tuntas, seperti pengembangan ekowisata goa apabila ia memenangi kembali perebutan kursi kepemimpinan di Desa Wonosari.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Wonosari sekitar 900 orang. Namun ia (Kasiyono) tidak menargetkan persentase suara yang harus digenggam. Sebab, lawannya adalah istri sendiri.

Sementara itu Emilia juga menyatakan siap kalah. Ia justru mengkampanyekan masyarakat untuk mencoblos nomor urut 02, yakni suaminya. Ya walaupun kalau begini namanya udah bukan bersaing lagi.

“Saya mencalonkan menjadi kades pada detik-detik terakhir penutupan penyerahan formulir pendaftaran karena hingga tanggal akhir batas penyerahan formulir pendaftaran, hanya suami saya yang daftar. Jika hanya ada satu calon, pilkades akan ditunda,” ucapnya.

Pilkades serentak di Kabupaten Penajem Paser Utara dilaksanakan serentak pada 15 Desember 2021. Ada 14 desa yang terlibat, yakni Wonosari, Tengin Baru, Bukit Raya, Bukit Subur, Girimukti, Sumber Sari, Babulu Darat, Rawa Mulia, Gunung Makmur, Sebakung Jaya, Babulu Laut, Sri Raharja, Sesulu, dan Api-Api.

Semoga saja pencalonan mereka menjadi kades tidak akan merusak rumah tangga mereka dan tidak mempengaruhi apa yang sudah direncanakan pada pembangunan desa kedepannya.  (MRA)

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com