July 2, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

Jelang Idul Fitri 1442 H, Harga Daging Sapi Segar Di Agam Rp 140 Ribu /Kg.

2 min read

Beritaagam.com-Lubuk Basung. Jelang hari raya Idul Fitri 1442 hijriah, harga daging sapi segar di pasar tradisional Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melonjak naik.

Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar serikat Nagari Lubuk Basung – Garagahan, Bujang mengatakan, saat ini harga jual daging Rp 140 ribu /kg dari yang sebelumnya hanya Rp 120 Ribu /kg.

“Sudah satu minggu ini harga daging sapi kami jual Rp 140 ribu /kg, awal ramadhan masih Rp 120 Ribu, pada pertengahan menjadi Rp 130 ribu, satu minggu terakhir naik kembali menjadi Rp 140 Ribu /kg,” ujarnya Selasa (11/5/2021).

Selain harga daging sapi segar kenaikan harga juga terjadi pada hati sapi, pada minggu sebelumnya harga hatiRp130 ribu, meningkat jadi Rp200 ribu /kg.

Dijelaskan Bujang, disebabkan tingginya permintaan masyarakat menjelang lebaran. Selain itu sulitnya mendapatkan pasokan sapi siap potong menjadi faktor pedagang menaikan harga jual.

“Kebutuhan daging saat ini meningkat, sementara itu pasokan sapi siap potong terbatas dan mahal. Biasanya kami mendatangkan sapi dari lampung, bengkulu dan jambi, namun karena kondisi pandemi proses penjemputan ikut terkendala,” tuturnya.

Kondisi tersebut dibenarkan Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Agam, Nelfia Fauzana, hal tersebut diketahui dari hasil pantauan tim Disperindagkop dan UKM beberapa hari terakhir disejumlah pasar tradisional beberapa hari terakhir.

Menurutnya kenaikan harga ini terbilang wajar hal itu disebabkan tingginya permintaan dari masyarakat saat memasuki hari raya Idul Fitri dan biasanya harga akan kembali stabil usai lebaran.

Darri hasil pemantauan dilapangan, selain daging sapi segar, jelang lebaran ini harga sejumlah bahan pangan juga mengalami kenaikan harga, diantaranya cabai rawit dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu /kg, buncis dari Rp10 ribu naik jadi Rp15 ribu /kg, minyak curah dari Rp14 ribu jadi Rp15 ribu/kg..

Sedangkan harga kebutuhan pokok yang turun, terangnya yaitu bawang putih dari Rp30 ribu jadi Rp28 ribu /kg, tomat dari Rp12 ribu jadi Rp10 ribu /g. “Sementara harga kebutuhan pokok lainnya masih terpantau stabil,” sebut Nelfia.

(Han)

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com