July 2, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

Ketua IBI Agam Berharap Para Bidan Tetap Mengutamakan Kesehatan Diri Dan Pasien

2 min read
Ketua IBI Agam

Beritaagam.com, Lubuk Basung – Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)  Sesri, S.KM, M.KM mengimbau seluruh anggota untuk mengutamakan keselamatan diri dan pasien selama pandemi Covid-19.


Ketua IBI Agam Sesri, S.KM, M.KM mengatakan kasus penyebaran Covid-19 beberapa waktu terakhir kembali menunjukan peningkatan tentunya tenaga medis sangat rentan tertular.


“Untuk itu, selama masa pandemipara bidan diharapkan tetap menjaga keselatan  juga mengutamakan keselamatan ibu hamil dan balita dari ancaman Covid-19,” ujarnya.


Lebih jauh disampaikan, kontak fisik pada aktivitas kebidanan tidak bisa dihindari selama masa pandemi. Hal tersebut menjadi tantangan bagi bidan sebagai tenaga pendukung di garda terdepan.


“Saat pandemi ini tugas para bidan makin berat dan penuh tantangan, pelayanan secara kontak fisik dengan pasien tak bisa dihindari, untuk itu penerapan protokol kesehatan menjadi sangat penting,” terangnya.


Meski bagaimanapun, ulas Sesri, peran seorang bidan sangat penting di tengah-tengah masyarakat. Pasalnya, kesehatan ibu saat hamil, melahirkan hingga menyusui harus terpantau dan ditangani dengan baik dan hati-hati.


“Apalagi di tengah pandemi saat ini, kesehatan ibu hamil harus benar-benar terjaga, baik itu dari asupan yang dimakan sehari-hari hingga perilaku sehat di saat pandemi,” ucapnya.


Karena itu, pihaknya mengharapkan para bidan untuk dapat selalu memantau perkembangan kondisi kesehatan ibu hamil minimal melalui konsultasi secara online.


Menurutnya, hal itu dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang memang sangat berbahaya bagi ibu hamil dan menyusi karena kondisi kesehatannya dikhawatirkan sangat rentan tertular virus corona.


“Mengingat tugas yang semakin berat, kawan-kawan bidan diharapkan tetap jaga kesehatan, dan menjadi pelopor protokol kesehatan selama pandemi Covid-19,” ujarnya. 


(Svy)

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com