May 26, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

FKIP Universitas Bung Hatta Sukses Menggelar Tryout UTBK SBMPTN

4 min read

Beritaagam.com, Padang – Tim Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta sukses menggelar Tryout Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Sabtu (27/11/2021).

Antusias peserta terlihat dari berbagai sekolah yang tersebar di berbagai daerah di Sumatera, seperti di Sumatera Barat: Kab. Solok Selatan, Kab. Agam, Kota Pariaman, Kab. Lubuk Basung, Kota Padang, Kab. Padang Pariaman, Kab. Pesisir Selatan, Kab. Pasaman Barat; Provinsi Sumatra Utara: Natal, Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan; Provinsi Riau: Bengkalis; Provinsi Bengkulu: Kab. Mukomuko; dan Provinsi Jambi: Sungai Penuh.

Dari 1303 peserta yang mengikuti tryout ini, hasil ujian akan diumumkan berdasarkan nilai tertinggi untuk mendapatkan Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, dan Harapan II. Peserta yang berhasil meraih Juara I akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 1 juta Rupiah ditambah trophy, bingkisan, dan sertifikat. Sementara itu, Juara II akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp750.000 ditambah dengan trophy, bingkisan, dan sertifikat. Kemudian, Juara III bakal mendapat uang tunai sebesar Rp500.000 ditambah dengan trophy, bingkisan, dan sertifikat. Pemenang Harapan I dan II bakal mendapatkan bingkisan menarik dan sertifikat dari Universitas Bung Hatta.

“Kegiatan ini diinisiasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). FKIP Universitas Bung Hatta siap mendukung sekolah-sekolah, baik di dalam maupun di luar Sumatera Barat, untuk mengantarkan siswa-siswanya menuju perguruan tinggi yang diharapkan, termasuk ke Universitas Bung Hatta,”ungkap Dekan FKIP Universitas Bung Hatta, Drs. Khairul, M. Sc.

Saat ini, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) hampir tidak ada bedanya. Di dunia kerja saat ini, yang dibutuhkan adalah lulusan dari Perguruan Tinggi (PT) yang terakreditasi minimal B dan lulusan yang memiliki potensi hardskill dan softskill sesuai dengan formasi yang dibutuhkan.

Universitas Bung Hatta telah memiliki akreditasi B. Ditambah lagi, Universitas Bung Hatta telah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Universitas Bung Hatta juga bekerja sama dengan British Council Englishcore agar lulusan Universitas Bung Hatta mendapatkan pengakuan internasional dalam hal kemampuan berbahasa Inggris ketika lulusan Universitas Bung Hatta ingin mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Pada Agustus tahun 2020 yang lalu, Dirjen Dikti Kemendikbudristek RI mengumumkan bahwa Universitas Bung Hatta berhasil meraih Peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Sumatra dan peringkat 83 secara nasional dari 2000 lebih perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Indonesia.

Di samping itu, Universitas Bung Hatta memiliki 7 fakultas dengan 6 program studi S-2, 24 program studi S-1, 3 program studi D-4, serta 1 program studi D-3 yang bernilai jual tinggi.

Lima program studi sudah mendapatkan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguran Tinggi (BAN-PT) di antaranya Program Studi Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Teknik Sipil, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Akuntansi.

Universitas Bung Hatta akan terus berkomitmen meningkatkan akreditasi dari B menjadi A, di samping juga meletakkan skala prioritas bagi prodi-prodi yang akan mendapatkan pengakuan penilaian dan akreditasi internasional. Hal ini sesuai dengan komitmen untuk merealisasikan visi Universitas Bung Hatta, yakni ‘Menjadi Perguruan Tinggi Unggul dan Bermatabat Menuju Universitas Berkelas Dunia’.

Dalam rangka mengakselerasi pelaksanaan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM) sebagaimana yang diprogramkan oleh Kemdikbudristek RI, Universitas Bung Hatta terus berbenah dengan menyelaraskan atau merekonstruksi kurikulum di program studi serta membangun link and match dengan lulusan, dunia usaha, pihak eksternal dalam lingkup pendidikan, dan dunia industri. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan tiga program studi di Universitas Bung Hatta pada tahun 2020: Program Studi Ilmu Hukum, Teknik Industri, dan Teknik Elektro, yang menerima Hibah Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Terkait dengan implementasi di dunia pendidikan, di tahun 2021, ada lima prodi di Universitas Bung Hatta yang berhasil mendapatkan program hibah kurikulum dan Implementasi MB-KM, serta Center of Excellence (CoE) MB-KM yang dilaksanakan oleh Kemndikbudristek RI. Kabar gembira ini diumumkan oleh DIKTI pada tanggal 5 April dan 15 April 2021.

“Selain itu, 25 orang mahasiswa Universitas Bung Hatta (1 orang dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris, 2 Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 orang dari PGSD dan 1 orang dari Sastra Inggris) dan 1 orang dosen dari Program Studi Matematika lulus dalam program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021,”ungkap Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni.

Kemudian, berdasarkan surat Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No.6431/E1/DI.00.01/2021 tanggal 30 Juli 2021 tentang Pemberitahuan Hasil Seleksi Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek RI, 7 dosen dan 86 mahasiswa Universitas Bung Hatta berhasil meraih hibah program Kampus Mengajar Angkatan 2 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Adapun dosen-dosen yang berhasil lolos sebagai Dosen Pendamping Lapangan (DPL) untuk kegiatan tersebut, antara lain Dra. Susi Herawati, M. Pd. (Pendidikan Matematika), Dra. Zulfa Amrina, M. Pd. (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Hidayati Azkiya, S. Pd., M. Pd. (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Siska Angreni, S. Pd., M. Pd. (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Dr. Yetty Morelent, M. Hum. (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Fitrina Harmaini, S.S., M.A. (Pendidikan Bahasa Inggris), dan Dr. Syofiani, M. Pd. (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)

Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021 ini diselenggarakan oleh Kemendikbudristek RI, terhitung sejak 2 Agustus 2021 hingga 17 Desember 2021. Adapun mahasiswa-mahasiswa yang berhasil meraih hibah tersebut berasal fakultas dan prodi di lingkungan Universitas Bung Hatta, di antaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi), Fakultas Ilmu Budaya (Sastra Inggris dan Sastra Jepang), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan) Fakultas Hukum
(Ilmu Hukum).

“Usai dilaksanakan tryout ini, Tim FKIP Universitas Bung Hatta akan mengunjungi sekolah-sekolah yang mengikuti tes untuk memberikan sosialisasi dan motivasi tentang perguruan tinggi, terutama Universitas Bung Hatta,”tutup Khairul. 

sumber: bunghatta.ac.id

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com