July 2, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

Masyarakat Lubuk Basung Agam Impikan Memiliki Pasar Modern

2 min read

Beritaagam.com-Lubuk Basung. Masyarakat Di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) harapkan pembangunan pasar modern.

Salah seorang Niniak Mamak Kecamatan Lubuk Basung, MY Dt Palimo Basa mengatakan, sejak dipindahkannya pusat pemerintahan Kabupaten Agam di Kecamatan Lubuk Basung 29 tahun silam, hingga hari ini daerah setempat belum memiliki pasar modern yang bisa menunjang perputaran ekonomi yang lebih baik.

“Di Kecamatan Lubuk Basung, pasar ada di tiga lokasi, yaitunya di Pasar Terminal Sri Antokan, pasar serikat Garagahan-Lubuk Basung dan Pasar Balai Salasa, namun ketiganya masih pasar tradisional yang memiliki jadwal satu atau 2 kali seminggu,”ujarnya Jum’at (21/5/2021).

Dijelaskan Dt Palimo Basa, saat ini kecamatan Lubuk Basung sudah sepantasnya memiliki pasar modern yang beroperasi setiap hari hal itu diyakini bisa menunjang perekonomian masyarakat setempat.

“Jika ada pasar Modern saya yakin para pedagang luar daerah, baik grosil maupun partai besar akan menyewa toko dan berjualan disini karena pasar bisa buka tiap hari, nah ini bisa memudahkan transaksi, selain itu imbasnya juga bisa dirasakan pedagang asli kabupaten Agam,” katanya lagi.

Menurutnya lokasi yang paling tepat adalah di Pasar serikat Garagahan-Lubuk Basung karena berlokasikan di kawasan perkantoran dan padat penduduk.

“Sangat tepat kalau di Pasar Serikat Garagahan Lubuk Basung, ini terletak di jantung kota, serta pusat pemerintahan, jadi bisa memudahkan pedagang dari Padang, Pasaman maupun Bukittinggi,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Pasar Serikat Garagahan-Lubuk Basung, Helmon Dt Hitam menjelaskan, saat ini pihaknya memang sedang merancang pembangunan pasar yang lebih layak, dan rencananya akan dijadikan pasar modern.

Dari rancangan tersebut, direncanakan bangunan pasar akan berlantai tiga lengkap dengan kawasan parkir kuliner dan tempat bermain anak. “Nah, kita sudah rancang, di bagian atas kawasan kuliner dan tempat bermain anak,di lantai 2 dan 3 kawasan perbelanjaan, dan kita juga menyediakan tempat parkir yang luas untuk mengatur agar tidak terjadi kemacetan,” terangnya.

Untuk pembangunan pasar ini pihaknya sudah mengajukan proposal pembangunan ke Kementrian PUPR dengan anggaran danna lebih kurang Rp 100 Miliar.

” Dalam pembangunan kita akan berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Agam, bahkan mengupayakan dana dari pusat. Anggaran dana diperkirakan sekitar Rp 100 Miliaar dengan waktu pengerjaan selama tiga tahun,” Tutupnya.

(Han)

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com