July 2, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 Akan Dibuka, Berikut Syarat Dan Langkah Pendaftarannya

2 min read

Beritaagam.com, Lubuk Basung – Program Kartu Prakerja gelombang 18 akan dibuka kembali. Sebelumnya pemerintah secara resmi memperpanjang program Kartu Prakerja hingga akhir 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia mengatakan bahwa berkaitan dengan PPKM Darurat program Kartu Prakerja diharapkan bisa tersalurkan 10 triliun lagi untuk 2,8 juta peserta.

“Realisasinya sampai dengan 30 Juni ini 10 triliun sudah tercairkan untuk 2,8 juta peserta. Semester 2 dan berkaitan juga dengan PPKM darurat kita berharap akan bisa tersalurkan 10 triliun lagi untuk 2,8 juta peserta,” katanya, Senin (5/7/2021).

Melalui program Kartu Prakerja peserta menerima manfaat pelatihan yang nilainya Rp 1 juta. Kemudian juga mendapatkan cash sebesar Rp 2,4 juta yang dicicil penerimaannya Rp 600.000 per bulan untuk 4 bulan. Lalu insentif mengisi survei Rp 150 ribu untuk tiga kali survei.

Dari semua nilai bantuan itu, Sri Mulyani lebih lanjut mengatakan total manfaat setiap peserta Kartu Prakerja adalah Rp 3,55 juta.

Meski demikian, hingga saat ini masih belum ada kepastian yang jelas kapan program Kartu Prakerja gelombang 18 akan dimulai. Namun ada baiknya bila kamu dapat memahami terlebih dahulu syarat dan cara mendaftar di program Kartu Prakerja ini.

Syarat Daftar Kartu Prakerja :

  1. WNI berusia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Langkah Mudah Kartu Prakerja :

  1. Pendaftaran

Daftar dengan data diri kamu. Siapkan e-mail, NIK, nomor KK dan nomor HP yang masih aktif untuk mendaftar.

2. Seleksi

Ikuti tes motivasi & kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.

3. Pilih Pelatihan

Pilih pelatihan yang kamu minati di Mitra Platform Digital dan bayar dengan Kartu Prakerja.

4. Ikuti Pelatihan

Selesaikan pelatihan dan dapatkan sertifikat.

5. Beri Rating Dan Ulasan

Berikan rating dan ulasan terhadap pelatihan yang telah kamu ikuti.

6. Intensif Biaya Mencari Kerja

Sambungkan rekening/e-wallet di salah satu Mitra Pembayaran untuk mendapat insentif Rp600rb/bulan selama 4 bulan setelah kamu menyelesaikan pelatihan.

7. Intensif Pengisian Survei Evaluasi

Isi 3 survei yang diberikan dan dapatkan insentif Rp50 ribu untuk setiap survei.

@darma.nilam

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com