July 3, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

Perda Pembentukan 10 Nagari Persiapan Jadi Nagari Definitif Telah Disahkan

1 min read

Beritaagam.com-Lubuk basung, DPRD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam telah mengesahkan perda tentang 10 Nagari persiapan untuk dijadikan Nagari definitif, Jumat (18/12/2020).

Pengesahan ini dilakukan setelah rapat paripurna DPRD Kabupaten Agam bersama dengan pemerintah daerah kabupaten Agam, pengesahan Perda ditandai dengan dilakukannya penandatanganan nota persetujuan bersama antara pimpinan DPRD dan Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, digedung DPRD Kabupaten Agam.

Baca juga: Menjelang Pergantian Tahun Baru, Beredar Surat Himbauan Bupati Agam

Sebelumnya tujuh fraksi telah menyatakan pandangannya dan setuju dengan pembentukan 10 Nagari persiapan tersebut menjadi Nagari definitif, tujuh fraksi itu adalah fraksi Demokrat, Gerindra, Nasdem, PKS, PPP, Golkar, PAN, dan termasuk juga PBB, Hanura, dan Berkarya setuju untuk menjadikan Ranperda menjadi Perda.

10 Nagari baru itu adalah Nagari Durian Kapeh Darussalam, Nagari Salareh Aia Timur, Nagari Salareh Aia Utara, Nagari Salareh Aia Barat, Nagari Nan Limo, Nagari Pauh Kamang Mudiak, Nagari Sungai Cubadak, Nagari Koto Gadang, Nagari Dalko, dan Nagari Kamang Tangah Anam Suku. Sementara Ranperda untuk 13 Nagari baru lain akan dibahas awal tahun depan.

Perda ini adalah amanat undang-undang untuk memenuhi persyaratan pengajuan Nagari baru, masih akan ada proses berikutnya yang perlu dilalui yaitu pengajuan ke pemerintah provinsi dan pusat untuk disahkan dan diberi nomor kode untuk masing-masing Nagari definitif.

(Fadli)

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com