July 2, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

Pers Memiliki Peran Penting Dalam Penanganan Covid-19 di Kabupaten Agam

2 min read

Beritaagam.com Lubuk Basung – Pers atau Jurnalustik merupakan salah satu pilar dalam kemajuan dan percepatan pembangunan dan juga memiliki peran penting terkait percepatan penekanan pemaparan positif, wabah covid-19.

Hal ini dikatakan Sekretais Pemerintah Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto Dt Maruhun, peran pers sangatlah dibutuhkan dalam pengoptimalan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat melalui medianya masing-masing.

Saat dikonfirmasi melalui telepon (24/9/2021), Sekda Agam megaskan, peran pers dalam mempublikasi situasi saat ini ikut menentukan upaya memutus rantai penyebaran covid-19 yang saat ini kian melandai di Kabupaten Agam. 

“Dengan peran pers, diharapkan bisa terbangun optimal disiplin dan ketaatan masyarakat terhadap pentingnya prokes untuk menyelamatkan semua orang,” terangnya.

“Sejak pandemi ini menyebar dan masuk ke Kabupaten Agam 1,5 tahun belakangan, membawa dampak buruk terhadap tatanan yang ada, sehingga pemerintah harus melakukan langkah-langkah ekstra untuk mengantisipasi meluasnya dampak tersebut di tengah aktivitas masyarakat khususnya dalam bidang ekonomi,” tambahnya.

Hasil evaluasi yang dilakukan oleh Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Agam maupun secara Nasional, peran pers dan masyarakat justru menjadi penentu dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan cara mentaati protokol kesehatan.

“Sebarluaskan informasi penting tentang vitalnya disiplin masyarakat dalam memakai masker, menjaga jarak aman, rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir atau mmenggunakan Handsanitizer,” ungkap Sekda yang sekaligus salah seorang Ninik Mamak panutan Nagari Lubuk Basung.

Secara terpisah, Kalaksa BPBD Kabupaten Agam, M Lutfi, AR. ketua koordinator harian satgas penanganan Covid-19 Agam, yang ditemui di Ruang Kerjanya (21/9/2021), juga berharap pers dan media secara intens mendorong masyarakat untuk menaati protokol kesehatan, agar wabah covid-19 cepat berlalu dan tidak kembali lagi.

“Peran semua pihak, terutama kalangan pers sangat menentukan. Kami berharap dukungan yang optimal dari rekan-rekan pers dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Daerah ini,” terang Martias Wanto Dt Maruhun.

“Dalam hal ini, baik secara pemerintahan dan atas nama ribadi, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan semua rekan-rekan pers yang memiliki ruang lingkup kerja di Kabupaten Agam, atas kerja sama yang baik terkait pemberitaan Covid-19 dan yang lainnya di Kabupaten Agam, dan mohon maaf atas segala kekurangan,” pungkasnya dengan senyum.

(ndt)

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com