July 3, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

Rumah Sakit Rujukan Penuh, Ibu Hamil Positif Covid-19 Jalani Bersalin Di Puskesmas Lubuk Basung

1 min read

Plt Kadinkes Agam: Yosefriawa


Beritaagam.com. Lubuk Basung – Pelayanan UGD/Ranap Puskesmas Lubuk Basung, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terpaksa dditutup sementara waktu, hal itu dipicu satu orang ibu hamil yang akan persalinan dinyatakan positif Covid-19 Kamis (21/7/2021) malam.


Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Agam Yosefriawan mengatakan, sesuai standar Protokol kesehatan, sebelum bersalin pasien harus melakukan Rapit Antigen, saat dilakukan tes, sample yang diambil dinyatakan Positif Covid-19 dan pasien harus di rujuk ke Rumah Sakit.


Akan tetapi lanjutnya, pihak puskesmas mendapat informasi rumah sakit rujukan penuh, maka kepala puskesmas terpaksa mengambil keputusan melakukan bersalin di Puskesmas Lubuk Basung.

“Ini menyangkut nyawa pasien jadi harus dilakukan tindakan cepat, dan proses bersalin segera dilakukan di Puskesmas Lubuk Basung,” ujarnya.


Mengantisipasi penularan virus, pihaknya  langsung menutup pelayanan sementara waktu untuk sterilisasi serta melakukan isolasi kepada petugas yang melakukan bersalin. 


” Pelayanan kita tutup sampai proses sterilisasi selesai dan swap PCR petugas keluar. Kita mengharapkan doa dari masyarakat agar pasien serta perawat yang melakukan pelayanan dalam kondisi sehat,” katanya lagi.

(Svy)

(Svy)

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com