July 2, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

Tahun 2021: Momentum Untuk Meneguhkan Semangat Juang

3 min read

Dinamika dan tantangan kehidupan setiap tahunnya selalu berbeda, begitu pula dengan tahun 2020 yang baru saja berakhir, bisa dikatakan bahwa tahun terakhir ini tantangannya cukup berat, utamanya hal ini disebabkan oleh adanya Coronavirus Disease 2019 atau yang lebih populer disebut sebagai COVID-19.

Virus yang pertama kali muncul dalam sejarah ini membuat dunia gagap dan centang parenang, berdampak pada banyak sektor: pariwisata lesu, rumah sakit kewalahan akibat membludaknya pasien, pertumbuhan perekonomian mengalami kontraksi cukup dalam, aktivitas fisik masyarakat mengalami keterbatasan, dan lain sebagainya. Hal ini melanda banyak Negara, begitu pula dengan Negara kita Indonesia, utamanya di Kabupaten Agam.

Di Kabupaten Agam, selama tahun 2020 tercatat ada 3 fase yang sudah dilalui untuk menangani wabah ini, fase pertama adalah diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna menekan penyebaran yang semakin meningkat, kemudian dilanjutkan dengan penerapan fase New Normal, dan terakhir fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Sekalipun begitu, hingga Desember tahun 2020 masih saja ditemui kasus baru pasien terkonfirmasi covid-19.

Baca juga: Peluang Konversi Bank Nagari Menjadi Syariah Bagi Ekonomi Sumbar 2021

Bila kita merefleksi sedikit kebelakang untuk melihat perjalanan panjang bangsa ini, kehadiran Covid-19 ini bukanlah satu-satunya keadaan berat yang pernah kita hadapi, bermacam era sudah dilewati mulai dari era penjajahan kolonial Belanda berabad lamanya, kemudian masuk era penjajahan Jepang, lalu berganti pula rezim orde lama pada orde baru, dan pada akhirnya masuk pada era reformasi dan pasca reformasi.

Rentetan era itu mempunyai kisah pahit masing-masing, perang ideologi hingga benturan fisik menjadi catatan sejarah, namun pada akhirnya kita berhasil keluar sebagai pemenang. Kemenangan itu tentu tidak mungkin bisa didapatkan tanpa adanya kebersamaan, kecintaan pada tanah air, dan semangat juang untuk sesama, alasan mendasar inilah yang menjadikan kita semakin kokoh berdiri sebagai masyarakat yang kuat dan peduli pada kemerdekaan hidup atas apapun intimidasi yang datang, termasuk intimidasi wabah dan virus.

Kini kita tidak lagi berada pada era benturan fisik, tahun 2021 masih akan menjadi tahun perperangan melawan Covid-19, sekaligus menguji kepedulian dan semangat juang kita, tidak ada cari lain yang paling efektif untuk keluar sebagai pemenang selain memberikan kerjasama yang baik antar semua pihak, baik itu dari pemerintahan daerah, legislatif, dan kesadaran individu masyarakat umum, semua kita berperan penting untuk ini.

Sementara itu disisi lain, dalam konteks refocusing pemerintah terkait wabah ini utamanya di Kabupaten Agam, perlu jadi catatan untuk memberi keutamaan pada masyarakat miskin yang terdampak melalui kebijakan-kebijakan yang berorientasi pada masyarakat lintas segmentasi, baik itu dari buruh tani, UMKM maupun yang lainnya. Seterusnya, segera reformasi birokrasi yang betul-betul segar dan efektif melayani dengan melibatkan teknologi dan SDM berkompeten, pemerintahan yang bersih dan transparan, diatas dari itu yang tak kalah penting adalah perlunya sinergitas yang kuat antar elemen yang ada, jika tidak maka beratnya era yang kita lalui ini bukan sepenuhnya karena beratnya masalah yang datang, tapi lebih kepada minimnya kebersmaan dan semangat juang kita untuk sesama.

Mari kita jadikan kesulitan ini menjadi titik tolak munculnya kesadaran baru dalam aktifitas keseharian kita, tantangan ini tak akan berlaku lama bila kepedulian dan semangat juang untuk sesama diantara kita masih mendominasi fikiran, ucapan dan tindakan kita, optimis akan ada kebaikan setelah kesulitan.

Zulfadli, S. Kom., M. Sc
Dosen Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan, Universitas Bung Hatta.

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com