July 2, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

Teknik Elektro UBH Bahas Kerjasama KKN Tematik Dengan Nagari Tabek dan Tabek Patah, Batusangkar

2 min read

Beritaagam.com-Lubukbasung. Program studi teknik elektro, Universitas Bung Hatta bahas kerjasama KKN Tematik dengan Nagari Tabek dan Nagari Tabek Patah, Batusangkar, Jumat (20/08/2021).

Pembahasan ini dilaksanakan di Kantor Walinagari masing-masing, di Nagari Tabek rombongan dari Universitas Bung Hatta disambut oleh Pak Eko Saputra selaku Sekretaris Nagari, mewakili Walinagari yang berhalangan hadir. Sedangkan di Nagari Tabek Patah rombongan disambut oleh Walinagari, Pak H. Krisman Dt. Rajo Nan Kayo.

Rombongan dari Universitas Bung Hatta dipimpin langsung oleh Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama, Dr. Hidayat, ST. MT, kemudian Mirza zoni, ST.MT, dan Ir. Cahayahati dosen Teknik Elektro, Tomi Eriawan, ST. MT dosen Perencanaan Wilayah dan Kota, Zulfadli, S. Kom., M. Sc. Dosen Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan. Lalu juga ikut dalam rombongan beberapa Mahasiswa dari berbagai program studi.

Beberapa poin yang menjadi pembahasan diantaranya, selain akan dirancang sebuah peta dasar Nagari, juga akan dilakukan rancangan instalasi listrik, lampu hias, hingga publikasi dalam bentuk digital marketing dalam upaya mengenalkan ke masyarakat luas tentang Balerong Sari, cagar budaya yang ada di Nagari Tabek.

Walinagari Tabek Patah

Sementara itu di Nagari Tabek Patah, pembahasan fokus pada pengembangan potensi wisata Batu Badindiang yang ada di Nagari tersebut, yaitu sebuah lokasi potensi wisata baru dengan panorama keindahan alam dan tebing yang terbuat dari batu alam. Batu Badindiang ini kedepan juga akan dibuatkan masterplan pengembangan oleh tim dari Universitas Bung Hatta lengkap dengan fasilitas pendukung.

“Kami menyampaikan rasa terimakasih pada Universitas Bung Hatta yang telah ikut membantu mengembangkan potensi Nagari melalui program KKN Tematik, memang ini yang kami butuhkan, mudah-mudahan sinergi ini mampu memberikan lompatan kebaikan untuk kedua belah pihak” Ungkap Walinagari Tabek Patah.

Sementara itu, Sekretaris Nagari Tabek menyampaikan bahwa di Nagari itu SDM adalah salah satu kekurangan yang dihadapi

“Di Nagari Tabek, kami kekurangan SDM untuk memberikan masukan-masukan seperti apa yang tim dari Universitas Bung Hatta sampaikan, diharapkan nanti kami betul-betul dibantu dengan keahlian dari tim yang ada sesuai kerja yang telah disepakati” Pungkas Eko Saputra, Sekretaris Nagari Tabek.

Balerong Sari, Nagari Tabek

KKN Tematik merupakan proses interaktif dan sinergis antara mahasiswa dengan masyarakat, dirancang sesuai dengan persoalan nyata di masyarakat dan dapat dilaksanakan sesuai dengan sumber daya yang ada di lapangan sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan ini lebih kongkrit dengan adanya poin-poin kesepakatan yang disetujui oleh Universitas dan Mitra, kesepakatan ini meliputi tugas-tugas detail yang akan dilaksanakan oleh Mahasiswa.

Dr. Hidayat, ST. MT mengungkapkan bahwa KKN Tematik ini adalah salah satu jalan bagi Universitas bersama-bersama untuk membangun Nagari sesuai kapasitas.

“Adanya KKN Tematik ini menjadikan kolaborasi dan sinergi antara Perguruan Tinggi dengan Nagari lebih memberikan dampak pada kedua belah pihak, bagi Mahasiswa ini akan menjadi lahan implementasi atas ilmu yang didapatkan, sementara bagi Nagari ini menjadi peluang tambahan untuk mewujudkan cita-cita masyarakat, semoga kerjasama ini memberi dampak baik terutama untuk kemajuan Nagari mitra.” Jelas Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta ini.

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com