July 2, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

Universitas Bung Hatta Sebarkan Nilai-Nilai Baik Bung Hatta Melalui Festival Film Pendek

4 min read

Festival Film Pendek dengan tema “Bung Hatta Muda” digelar dalam rangka mengajak generasi muda lebih mengenal dan menanamkan karakter tokoh Dr. Muhammad Hatta, sebagai satu di antara tokoh nasional yang berasal dari Sumatera Barat (Sumbar). 

Kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Bung Hatta yaitu Festival Film Pendek bertema Bung Hatta Muda, yang berdurasi 10-15 menit akan diikuti oleh Siswa dan Mahasiswa Seluruh Indonesia. Pendaftaran peserta Festival Film itu telah dibuka hingga penutupan 31 Juli 2021 mendatang.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof.Dr.Tafdil Husni, SE, MBA melalui Wakil Rektor III,  Dr. Ir. Hidayat, S.T.,M.T., IPM mengemukakan bahwa kegiatan kali ini turut didukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar beserta pihak lainnya, termasuk beritaagam.com.

Menurutnya, Universitas Bung Hatta bersama Pemerintah daerah Sumatera Barat ingin nama Bung Hatta selalu menggema dan membumi diseluruh lapisan masyarakat Indonesia dan dunia. Melalui kegiatan Festival Film Pendek dengan tema Bung Hatta Muda guna mengharumkan terus nama Dr. Muhammad Hatta supaya tidak pernah hilang dalam ingatan masyarakat Indonesia.

Selain itu menurutnya tujuan kegiatan ini guna menggali nilai-nilai luhur dalam kepribadian sosok dari Pahlawan Mohammad Hatta yang menebarkan sebanyak 18 nilai-nilai karakter serta sepatutnya untuk dapat ditauladani oleh generasi penerus bangsa.

“Nilai-nilai karakter tersebut antara lain; Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta tanah Air, Menghargai prestasi, Bersahabat/Komunitif, Cinta damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab,” ujar Hidayat saat menghubungi beritaagam.com, Jumat (2/7/2021).

Dia menambahkan nilai karakter yang paling dominan yaitu Religius yang tergambar dari sikap dan perilaku Hatta yang mendekatkan diri pada Allah, serta patuh pada perintah Agamanya.

Lebih lanjut, imbuhnya Semangat Kebangsaan terlihat dari perjuangan pantang menyerah melawan kolonialisme dan imperialisme yang menyengsarakan bangsanya, Indonesia yang terjajah.

Utamanya lagi, Gemar Membaca terlihat dari wawasan membacanya yang luas dan mempunyai buku terbanyak dari mahasiswa Indonesia yang sekolah di Belanda.

Sejauh ini lanjutnya Bung Hatta memiliki 16 peti besi buku selama sekolah di Belanda. Kerja Keras terlihat dari usahanya untuk mewujudkan tujuannya yaitu Indonesia Merdeka dengan mengikuti pertemuan-pertemuan.

Hidayat juga mengutip nilai-nilai Demokratis juga terlihat dari hasil pemikirannya yang selalu memperjuangan nasib rakyat Indonesia. Ia lebih berpihak pada masyarakat dari pada sekelompok yang berkuasa karena persamaan hak dan kewajiban secara adil dan merata antara dirinya dengan orang lain.

Selama ini ungkapnya, nilai-nilai karakter yang dimiliki Pahlawan Mohammad Hatta atau sebagaimana dikutip dari tulisan, (Marsinta dan Uli, 2017).

Sekaitan itu, Universitas Bung Hatta, yang menyandang nama besar tokoh Proklamator memiliki tanggung jawab moril untuk menjaga dan selalu menggaungkan nama besar Dr. Muhammad Hatta.

Mengingat tegasnya beberapa dekade telah berlalu sejak proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 dan beberapa generasi telah berganti.

Karenanya, imbuh Hidayat adalah tanggung jawab bagi setiap anak bangsa untuk mengajak generasi muda, generasi milenial untuk mengenal tokoh Bung Hatta.

“Ada banyak banyak cara dan kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengekpresikan kecintaan kita tentang seorang pahlawan atau kecintaan kita pada seorang tokoh. Dan juga ada banyak cara agar nama pahlawan selalu menggema harum dikenang masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Rabu (30/6/2021), Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E., MBA dan Ketua LLDikti X Prof. Herri yang didampingi Dr. Ir. Hidayat, S.T.,M.T., IPM Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta dan Riko Evril, S.T., M.T ketua STTIND diterima langsug oleh Gubernur Sumatera Barat, H.Mahyeldi, SP di Istana Gubernur jalan Sudirman Padang.

Dalam pertemuan tersebut, Prof. Herri mengungkapkan ketauladan Tokoh Bung Hatta mesti ditularkan kepada generasi muda. “Apalagi di era millenial ini, banyak generasi muda asyik dengan produk-produk teknologi yang terkadang mengakibatkan abai dengan nilai-nilai kebaikan dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Senada dengan itu, Prof Tafdil mengungkapkan betapa pentingnya menggemakan nama besar Bung Hatta melalui even-even yang mengangkat tema ke-Bunghataan. “Sehingga tidak terjadi kevakuman informasi dan penanaman karakter baik Bung Hatta kepada generasi muda,” ujar rektor.

Pada kesempatan tersebut Hidayat menyampaikan kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Bung Hatta yaitu Festival Film Pendek dengan tema Bung Hatta Muda.

Dia menyebutkan kegiatan tersebut akan diikuti oleh Siswa dan Mahasiswa Seluruh Indonesia. Pendaftaran peserta Festival Film yang berdurasi 10-15 menit tersebut mulai saat ini telah dibuka hinggga 31 Juli 2021 mendatang. Menurutnya, informasi dapat melalui : S.ID/PESERTAFESTIVAL

Hidayat menambahkan, keluarga besar Bung Hatta yang tergabung dalam Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH) sangat mendukung dan terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.

Pada kesempatan lain, ketua YPBH Chapter Sumbar-Riau, Ir. Iman Satria, S.T. M.T., IPM, ASEAN ENG menyampaikan  dukungan serta apresiasi dan penghargaan tinggi kepada Universitas Bung Hatta yang telah mengangkat kegiatan Festival Film Pendek bertemakan Bung Hatta Muda.

“Mudah-mudahan tercipta kreasi-kreasi orisinil yang mengangkat nilai-nilai dan karakter Bung Hatta untuk jadi menjadi contoh bagi masyarakat Indonesia terutama kaum milineal, dan harapannya hasil terbaik Film Pendek ini bila perlu kita kerjasamakan dengan pihak-pihak luar untuk ditayangkan seperti Netflix agar ditonton banyak orang dibelahan dunia ini,” paparnya.

Sementara itu Gubernur Mahyeldi sangat merespon baik kegiatan tersebut, karena menggaungkan nama besar Bung Hatta yang merupakan salah satu tokoh Sumatera Barat yang negarawan, ekonom, guru bangsa yang pantas jadi panutan dalam berbangsa dan bernegara.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama-sama Universitas Bung Hatta, bertekat akan menggaungkan nama besar Bung Hatta,” ungkap Mahyeldi seperti dikutip Hidayat kepada beritaagam.com.

Gubernur Mahyeldi berharap agar gagasan yang disampaikan oleh TIm gabungan Universitas Bung Hatta kali ini dapat menciptakan Film Animasi, Komik tentang karakter dan nilai baik Bung Hatta. Alasannya, media tersebut sangat disukai oleh anak-anak dan generasi muda, sehingga mampu untuk menanamkan karakter Bung Hatta semenjak anak berusia dini.

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com