July 3, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

Warga Sungai Jariang, Agam Serahkan 2 Ekor Kukang Ke BKSDA

2 min read

Beritaagam.com-Lubuk Basung. Doni Ariandi (35 tahun) warga jorong V Sungai Jariang Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam, Menyerahkan 2 Ekor Hewan dilindungi jenis Kukang (Nycticebus coucang) ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar.

Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra mengatakan, hewan langka tersebut ditemukan Doni di tiang listrik dekat rumahnya Kamis (20/5/2021) malam. Karena khawatir akan kena setrum ia berupaya menurunkan dan membawa binatang itu ke rumah untuk dirawat.

“Sesampai di rumah, anak dari Doni Ariandi ini memberitahu ayahnya bahwa binatang itu adalah Kukang dan merupakan binatang yang dilindungi undang-undang,” ujarnya.

Mendengar keterangan tersebut ia langsung melaporkannya kepada BKSDA Resor Agam dan pada hari Jumat (21/05/2021) petugas langsung menjemputnya

“Petugas BKSDA Agam lansung datang ke lokasi dan mengevakuasi satwa ke kandang yang sudah disiapkan dan kemudian dibawa ke kantor Resor KSDA Agam di Lubuk Basung untuk diobservasi,” lanjutnya.

Dari pemeriksaan diketahui kedua satwa itu berkelamin jantan dan berusia kurang lebih 3 tahun, dalam kondisi sehat dan masih sangat agresif.

Direncanakan satwa kukang yang diserahkan itu akan dilepasliarkan ke alam bersamaan dengan satwa kukang yang menjadi barang bukti kasus perdagangan satwa beberapa waktu lalu yang saat ini dirawat oleh BKSDA.

Dijelaskan Ade, Kukang adalah satwa liar dilindungi oleh Undang undang no 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya.

Sehari sebelumnya, Resor KSDA Agam bersama Penyidik Polres Agam telah menyerahkan pelaku HJ (45) bersama barang bukti perdagangan dua ekor satwa Kukang kepada jaksa penuntut umum (JPU) kejaksaan negeri Agam setelah berkas perkara dinyatakan lengkap (P21).

Tersangka HJ ini merupakan warga kabupaten Pasaman ditangkap dan diamankan oleh tim gabungan balai konservasi sumber daya alam (BKSDA) Sumatera Barat dan Satreskrim Polres Agam di Pasar Bawan kecamatan Ampek Nagari kabupaten Agam, Rabu (24/03) ketika membawa dan akan memperniagakan satwa kukang.

(Han).

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com