May 26, 2022

Berita Agam

Kabar Terbaik Untuk Anda

YPBH Luncurkan Program Beasiswa Riset Kebunghattaan untuk Mahasiswa dan Dosen Universitas Bung Hatta

3 min read

Beritaagam.com, Padang – Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH) secara resmi meluncurkan Program Beasiswa Riset Kebunghattaan untuk Mahasiswa dan Dosen Universitas Bung Hatta dalam menyelesaikan Tugas Akhir, Thesis dan Publikasi Ilmiah melalui “Webinar Meraih Beasiswa Riset Kebunghattaan” yang diselenggarakan secara online pada hari Rabu (15/12/2021).

YPBH merupakan yayasan yang didirikan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai dan karakater Bung Hatta sehingga tertanam dan terejawantahkan dalam kepribadian masyarakat bangsa Indonesia. Yayasan yang ketua pembinanya adalah putri Bung Hatta, yaitu Prof. Dr. Meutia Farida Hatta Swasono sudah berkerja sama dengan Universitas Bung Hatta.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas Bung Hatta. Sebagai narasumber, diundang Ir. Ezrinal Aziz, M. Sc. (Sekjen YPBH), Ir. Iman Satria, M.T., ASEAN., Eng (Ketua Umum IKBA Universitas Bung Hatta), dan Ketua Pembina IKBA Universitas Bung Hatta yang diwakili oleh Ir. Suprapto.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E. MBA, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada YPBH dan IKBA Universitas Bung Hatta atas kesempatan baik yang diberikan kepada mahasiswa dan dosen Universitas Bung Hatta dalam mengembangkan potensi riset dan publikasi.

“Di samping itu, kami juga berterima kasih kepada para narasumber yang telah memberikan wawasan kepada para mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan motivasi riset dan publikasi. Semoga nanti, dengan diadakannya beasiswa ini, para mahasiswa bisa menghasilkan penelitian-penelitian yang dapat menambah khasanah pengetahuan, terutama dalam hal riset yang terintegrasi dengan nilai-nilai dan pemikiran kebunghattaan,”imbuhnya.

Hadir juga Prof. Dr. Meutia Farida Hatta Swasono dan Prof. Dr. Maizar Rahman (Ketua Umum Yayasan Proklamator Bung Hatta). Di samping itu, juga hadir para dekan, wakil dekan, ketua program studi, dan dosen di lingkungan Universitas Bung Hatta. Kegiatan ini dimoderatori oleh Ahmad Iffan, S.H., M.H (Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Bung Hatta).

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Meutia Farida Hatta Swasono yang juga putri Proklamator Bung Hatta berharap semoga pemikiran-pemikiran Bung Hatta, baik di bidang pendidikan, ekonomi, agama, dan nilai-nilai kebangsaan dapat dijadikan oleh sebagai pondasi dalam setiap kegiatan riset dan publikasi.

“Apalagi, para mahasiswa Universitas Bung Hatta telah dibekali dengan matakuliah kebunghattaan. Sebagai contoh, Bung Hatta sangat cinta pada lingkugan. Hal demikian pernah disampaikannya bahwa apabila menebang satu pohon maka tanamlah 3 pohon. Masyarakat Indonesia harus menikmati kekayaan alam dan menjadi menjadi tuan di negeri sendiri,”demikian sebutnya.

Terkait pertanyaan mahasiswa tentang topik riset (skripsi, tesis, dan disertasi) dan publikasi yang akan menjadi syarat beasiswa, Prof. Dr. Maizar Rahman mengungkapkan bahwa topik yang diajukan dalam proposal bersifat luas sehingga bisa menjangkau seluruh bidang ilmu mahasiswa yang relevan dengan pemikiran Bung Hatta.

Dalam paparannya Ir. Ezrinal Aziz, M. Sc. menyapaikan kisi-kisi topik penilitian dengan tema prioritas dari Besiswa Riset YPBH: Pengembangan Koperasi (Ekonomi, Ekonomi Pembangunan) Teknologi untuk Rakyat (Teknologi Pertanian, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Elektro, Komputer, Sipil dll) Pengejawantahan Nilai Nilai Kebangsaan (Filsafat, Sospol), Kebijakan Pegelolaan Sumber Daya Alam (Ekonomi Pembangunan, Teknik Geologi, Teknik Perminyakan), Implementasi Politik Bebas Aktif (Sospol, Sejarah), Kajian Nilai Nilai Keislaman yang Inklusif (Filsafat, Sospol), Upaya Pemberantasan/Pencegahan Korupsi (Hukum), Kajian Keanekaragaman Budaya / Kearifan Lokal (Antropologi) , Kajian Pelestarian Lingkungan Hidup (Teknik Lingkungan, Teknik Industri, Biologi) serta Topik lain yang relevan dengan pokok-pokok pikiran Bung Hatta.

Kisaran hibah yang akan diterima oleh masing-masing penerima antara 2,5 hingga 7 juta. Mahasiswa bisa mengajukan proposal dan meyakinkan reviewer bahwa penelitian ini layak didanai. YPBH bukan pemberi dana, melainkan menyinergikan antara pihak universitas dengan sponsorship yang akan mendanai proposal beasiswa bagi mahasiswa.

“Kami berharap mahasiswa akan tergerak melakukan penelitian kebunghattaan sesuai dengan bidang ilmu masing-masing, baik tingkat sarjana, magister, dan doktoral,”sebutnya.

Ketua IKBA Universitas Bung Hatta periode 2021-2026 Iman Satria menyampaikan pemikiran Bung Hatta lainnya yaitu tentang membangun kemandirian energi di nagari/desa melalui kegiatan Bina Desa yang pada akhirnya akan menghasilkan topik-topik penelitian yang relevan. Pemberian Beasiswa alumni kepada mahasiswa juga menjadi salah satu program IKBA.

Hal demikian juga dikuatkan oleh Ir. Suprapto, pentingnya sinergi antara alumni dan almamater dalam rangka mempertahankan kejayaan dan menjaga keberlangsungan Universitas Bung Hatta.

sumber: bunghatta.ac.id

Copyright © All rights reserved. |

Beritaagam.com